Rabu, 13 Desember 2017

Tips Membuat Blog dan Menulis Artikel Bersama Miss Isah Kambali di Kampus Bisnis Umar Usman

Assalamualaikum wr.wb
Pada kesempatan kali ini saya akan share pengalaman saya hari ini yaitu tentang belajar blogspot dan membuat artikel. Saya yakin teman-teman sudah pada tau tentang blogspot, itu lho web gratisan yang disediakan oleh google (kalau ga salah ya :D). 
Oke sebelum saya memberikan tips ijinkan saya untuk curhat dulu tentang pengalaman saya didunia perblogspotan :D dan pengalaman saya hari ini belajar langsung dari miss Isah kambali (Miss blogspot). Sebenarnya saya pribadi ukan kali pertamanya belajar tentang blogspot, dulu ketika SMK sempat belajar jga tentang blog, namun dulu itu hanya pengenalan saja. Dan alhamdulillah karena sudah belajar dasar tentang blogspot jadi tinggal mematangkan atau memantapkan saja. 

Blogspot itu sendiri biasanya banyak digunakan untuk menulis artikel entah itu curhatan ataupun yang lainnya, dulu ketika saya masih dibangku sekolah membuat blog untuk membuat artikel tenang pelajaran, karena dulu saya waktu SMK mengambil jurusan TKJ maka biasanya saya membuat artikel tentang dunia komputer saja. Namun sekarang blogspot yang saya buat lebih di fokuskan untuk membuat konten atau artikel untuk jualan. 


Sebenarnya membuat blogspot itu tidak susah-susah amat, apalagi kalau kita sudah tau arulnya. Namun bagi para pemula atau yang baru mengenal tentang dunia blogspot pasti akan mengalami sedikit kesulitan, tapi tenang saja, sekarang ini zaman sudah canggih ketika kita tidak bisa tinggal search atau googling saja di internet.  

Setelah sebelumnya saya belajar blogspot dari mr Aziz sekarang saya dan teman-teman kampus belajar blogspot dari miss Isah. Seperti biasa beliau menjelaskan dan mengajari kami dari awal pembuatan blogspot, untuk membuat blogspot sendiri sebenarnya hanya membutuhkan waktu sebentar. Setelah blog selesai dibuat maka selanjutnya kami langsung menambahkan deskripsi di blogspot kami masing-masing.

Kemudian miss Isah menugaskan kami untuk membuat sebuah konten atau artikel sebanyak 300 kata dalam waktu kurang lebih 15 menit. Setelah itu kami diberi tugas yang lebih banyak lagi, yaitu memuat sebuah konten sebanyak 1000 kata dalam waktu kurang lebih 45 menit, dan disini banyak yang belum menyelesaikannya termasuk saya pribadi :D. Namun dari situ saya banyak mengambil pelajaran, bahwa sebenarnya untuk membuat konten sebanyak apapun itu mudah, asalkan kita sering latihan dan terus latihan. Karena pada dasarnya untuk membuat konten banyak dalam waktu yang singkat itu dipengaruhi oleh pikiran dan cara mengetik. Maksudnya begini ketika kita sudah mempunyai ide untuk dituangkan dalam artikel kita kemudian cara kita mengetik atau kita mengetikknya masih lama maka itu juga akan memperlambat, begitu juga sebaliknya, dan yang tidak kala penting lagi laptopnya, nah kadangan kita tidak sadar bahwa laptop juga berpengaruh, karena yang saya rasakan ketika pikiran sudah penuh dengan pemikiran-pemikiran yang akan saya tuangkan dalam sebuah artikel atau konten dan ngetik pun sudah mulai lancar namun laptop kurang mendukung atau ngelag itu sama sama saja, yang ada biasanya malah pikiran kita buyar dikarenakan terbawa emosi :D 

Untuk membuat sebuah website buat jualan sebenarnya tidak harus membeli domai seperti .com/.co.id atau yang lainnya, cukup dengan memanpaatkan yang gratisan juga sebenarnya sudah bisa kita gunakan, namun ketika traficnya sudah bagus dan sudah banyak mendapat orderan dari blog yang gratisan alangkah baiknya kalau kita mengupgrde ke yang lebih profesional. Karena tipe pembeli berbeda-beda, ada yang mempermasalahkan masalah domain ada juga yang tidak.

Blogspot sendiri bisa kita buat banyak hanya dengan menggunakan satu gmail, namun saran saya jangan langsung bikin banyak, karena apa takutnya kita itu dikira mesin oleh google, maka sebaiknya sedikit demi sedikit aja membuatnya, yang penting konsisten.
Untuk miss Isah sendiri mengajarkan membuat konten yang softselling, maksudnya kita membuat konten seolah-olah tidak berjualan tapi ternyata kita itu sedang berjualan. Karena sejatinya orang itu tidak suka dijualain, maka dari itu kita membuat konten yang softselling.

Oke sekarang saya akan memberikan beberapa tips untuk membuat blog dan menulis artikel didalamnya, karena apalah arti sebuah blog kalau tidak ada artikel atau konten di dalamnya.
Tips membuat blog :
1. Pastikan teman-teman mempunya email yang masih aktif dan tentunya tidak lupa kata sandinya
2. Silakan teman-teman masuk ke dalam blog => www.blogger.com
3. Kalau teman-teman sudah punya blog tinggal mempercantik saja, kalau teman-teman belum mempunyai blog bisa buat terlebih dahulu, untuk membuatnya teman-teman bisa searching sendiri ya
4. Setelah teman-teman mempunyai blog silakan edit deskripsinya, deskripsi terletak di setelan
5. Isi deskripi 6-10 kata saja ya (lebih juga gpp ko)
6. Setelah deskripsi dibuat teman-teman sudah bisa membuat artikel atau konten
7. Klik postingan kemudian klik entri baru
8. Dibagian entri (judul) silakan teman teman isi dengan judul yang teman-teman akan buat menjadi sebuah artikel (Kalau bisnis bisa mengunakan kata kunci)
9. Kemudian silakan teman-teman membuat artikel ditempat yang sudah disediakan oleh blogger
10. Untuk membuat konten yang profesional saran saya minimal 300 kata, kalau lebih baik lagi minimal 1000 kata
11. Setelah selesai klik publish

Ada beberapa yang harus teman-teman ketahui dalam membuat atau menuliskan artikel, diantaranya :
1. Usahakan jangan mengcopy paste dari blog orang lain semua ataupun sebagian
2. Boleh melihat dari artikel blog lain, tapi harus diketik ulang lagi, namun biasanya akan ketahuan bahwa kita membuat blog melihat dari artikel atau konten orang lain
3. Sebisa mungkin artikel atau konten yang kita buat itu benar-benar artikel atau konten hasil dari pemikiran kita

Setelah konten atau artikel kita publish, biasanya google tidak langsung mengenali atau meng indeks blog milik kita, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan, diantaranya :
1. Mass ping alamat kita di http://mass-ping.com
2. Kemudian bisa kita daftarkan juga di google console

Itu hanya beberapa saja, silakan teman-teman mencari lagi atau searching lagi bagaimana caranya agar blog kita atau postingan kita terindex oleh gogle.
Dalam dunia internet marketing sebenarnya yang diperlukan itu konsistensi, karena biasanya konsisten ini yang sulit dilakukan, banyak faktor yang mempengaruhinya seperti malas, pusing dan lain sebagainya. Oleh sebab itu niatkan agar kita bisa konsisten.

Belajar bersama miss Isah baru 2 hari ini banyak banget ilmu yang saya dapatkan, mulai dari cara meriset dengan cepat atau mencari kata kunci dengan cepat, karena sebenarnya google sudah menyediakan aplikasi / software exstensi gratis, selain itu saya jadi tahu bagaimana caranya melihat berapa banyak orang yang mencari produk atau barang kita dan berapa banyak kompetitor kita. Intinya banyak banget ilmu atau hal-hal baru yang sebelumnya belum saya ketahui.

Dan yang tidak kalah pentingnya lagi adalah kampus bisnis umar usaman, kari dari sinilah saya bisa berkenalan dengan orang-orang yang hebat, entah dari itu pengusaha kuliner, property sampai dengan internet marketing. Semoga dalam waktu setahun ini saya bisa memaksimalkan perkuliahan ini dan saya bisa menjadi internet marketer juga.

Mungkin itu saja yang bisa saya tulis dalam artikel saat ini, semoga dalam tulisan yang singkat ini teman-teman bisa mengambil manfaatnya, dan bagi teman-teman yang mau belajar lebih dalam lagi tentang internet marketng atau seo bisa gabung bersama saya di kapus bisnis umar usman "kuliah 1 tahun jadi pengusaha".





Tidak ada komentar:

Posting Komentar