Selasa, 12 September 2017

Matrikulasi Hari kedua di Pekan kedua Kampus Bisnis Umar Usman #5

Assalamualaikum wr.wb

Apa kabarnya teman-teman semua? semoga baik-baik saja ya, dan tentunya ada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin

Oke saya akan lanjutkan review matriklasi dipekan kedua ini, seperti biasa dikampus yang luar biasa ini yaitu www.KampusUmarUsman.com sangat luar biasa matrikulasinya, selalu mendatangkan pembicara-pembicara yang sangat luar biasa. Dan pada hari ini mendatangkan pengusaha yang memiliki usaha dibidang makanan atau tepatnya owner dari Dino Donuts yaitu mas Gufron. Namn seperti biasa, sebelum memulai matrikulasi semua mahasiswa melakukan berifing morning terlebih dahulu. Setelah melakukan berifing morning mahasiswa dan fasilitator membaca ayat suci Al-quran yaitu surat Arrahman yang dipimpin oleh mr Zul.
Setelah itu tibalah waktunya matrikulasi dimulai, dan tidak lama kemudian mas gufron tiba di kampus bisnis umar usman ini. Beliau menceritakan perjalanan bisnisnya, dari nol sampai menjadi seperti sekarang ini.


Sebelum beliau terjeun ke dunia bisnis, beliau sempat menjadi seorang pegawai bank di salah satu bank yang ada di Indonesia. Namun merasa tidak nyaman dengan menjadi seorang pegawai bank akhirnya beliau meminta izin kepada orang tuanya agar menjadi pengusaha, namun saynagnya orangtuanya ini tidak mengijinkan. Pada akhirya beliau ini memutuskan untuk menjadi dosen disalah satu perguruan tiggi yang ada di kota Bandung, dengan harapan beliau mempunyai waktu luang agar bisa berbisnis atau memulai usahanya. Oh iya mas Gufron ini lulusan salah satu universitas yang ada di Australia lho :D
Ketika beliau menjadi seorang dosen, akhirnya beliau memulai usahanya dengan berjualan, disamping kesibukannya menjadi seorang dosen. Awal-awal usahnay ini laku keras, karena yang membelinya mahasiswanya sendiri :D dengan harapan ketika mereka membeli produknya mas Gufron ini nilai mereka akan bagus :D
Usaha demi usaha telah beliau lakukan namun banyak yang gagal, dan akhirnya beliau memutuskan untuk menjual rendang instan, artinya rendang yang dikemas dan bisa tahan lama dalam waktu setahun, dan usaha ini masih berjalan sampai sekarang ini. Dan pada akhirnya beliau memutuskan untuk membuat donut, namun dengan bentuk yang unik, dan diberi nama dengan sebutan " Dino Donuts " 


Dari sinilah beliau menemukan jalan yang membawanya hingga seperti sekarang ini, sudah banyak orang yang ingin bekerja sama atau istilahnya franchise, namun beliau belum menginginkannya.

Menurut beliau juga kalau ada suatu maslah berarti disitu ada peluang, kurang lebih seperti ini :
Masalah - ide - solusi - kiriman produk layanan - penghargaan - uang
Jadi yang sebenarnya uang itu adalah sebuah bonus dari sebuah usaha kita. Beliau juga menjelaskan kalau kita mau memulai usaha tidak harus membuat produk yang baru, namun produk yang sudah ada dan laris dipasaran bisa kita branding, kalau memang belum ada brand yang terkenal diproduk tersebut. Namun kalau kita menjual produk digital, susah untuk membuat brandnya, karena sudah dikuasai oleh pemain lama.

Entah itu produk baru maupun lama semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, diantaranya :

- Produk yang sudah ada :
   * Mudah untuk masuk kepasar
   * Namun tidak menjadi pelopor
- Produk yang baru :
   * Sulit untuk masuk kepasar
   * Namun bisa menjadi pelopor

Ada beberapa permasalahan UKM, diantaranya :
- Terlalu fokus kepada produk bukan kepada strategi pemasaran
- Menjual produk keinginan UKM, buka keinginan konsumen
- Kurangnya wawasan pasar
- Tidak berinvestasi dalam pemasaran dan promosi

Hal yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis :
- Segementation
- Targeting
- Positioning

Marketing Mix :
- Produk
- Place
- Price
- Promotion

* Kalau omset kita 100 juta, maka usahakan bahan baku atau biaya produksinya itu 30 juta, sewa tempat 10 juta, biaya buat karyawan 15 juta, dan biaya iklan atau promosi 5-10 juta.

Marketing komunikasi :
- Brand activation : aktivasi merek
- Advertesing : periklanan
- Special promotion : promosi
- Public relations : menjalin kerjasama


Itu tadi nenrapa point yang bisa saya review dari penjelasan mas Gufron, setelah sesi pertama ini semua mahasiswa melaksanakan shalat berjamaah dimasjid.

Dan akhirnya sesi kedua dimulai, dan sesi kedua ini spesial, karena yang menjadi pembicaranya adalah mr joss, itu lho penulis buku  jurus ampuh engusaha tangguh. 
Mr joss memberikan motivasi yang sangat luar biasa, dan menjadikan mahasiswanya menjadi lebih semangat lagi dalam mencapai kesuksesan.


Mr joss ini wakil rekotor kampus umar usman, selain itu beliau juga seorang penulis dan juga motivator, lengkap deh pokoknya.
Beliu juga lah yang membimbing para mahasiswa kampus bisnis mar usman dalam membuat buku, selain itu beliau juga slah satu mentor pavorit di kampus bisnis umar usman ini.
Dalam sesi ini beliau memberikan renungankepada semua mahasiswa, renungan mengapa kita harus sukses, renungan agar kita selalu ingat kepada Allah Swt, agar ingat kepad akedua orang tua, dll.
Hampir semua mahasiswa meneteskan air matanya, termasuk saya pribadi :D


Setelah selesai renungan, kemudain beliau mengajak kami untuk menyanyikan lagu yang berjudul pengusaha penghafal al-quran, oh iya beliau ini selalu mengingatkan mahasiswanya untuk berniat menjadi pengusaha yang hafal al-quran. Ini adalah lirik lagu dari pengusaha penghafal al-quran :

Pengusaha penghafal al-quran
Didadaku dipenuhi iman
Allah jadi tujuan
Rasull jadi teladan
al-quran menjadi panduan

Tilawah harian tak pernah ketinggalan
Murojaah penguat hafalan
Memahami arti solusi kehidupan
Jadi kunci kejayaan islsm

Pengusaha penghafal al-quran
Umar Usman
pengusaha penghafal al-quran
Umar Usman
Pengusaha penghafal al-quran
Umar Usman
Bersama Allah raih kemuliaan


Itu tadi lirik lagu pengusaha penghafal al-quran yang diciptakan sendiri oleh mr joss, dan itu membangkitkan semangat para mahsiswa untuk menjadi pengusaha yang hafal al-quran.
Mungkin itu saja yang bisa saya review dimatrikulasi ini, semoga kedepanya kamps bisnis umar usman bisa lebih baik lagi, dan menjadi kampus bisnis terbaik di Dunia, aamiin.

Salam Sukses :)

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar