Jumat, 22 September 2017

Matrikulasi Hari Pertama di Pekan ketiga Kampus Bisnis Umar Usman #5

2 Pekan sudah kami mahsiswa baru Kampus bisnis umar usman melakukan matrikulasi, dan sekarang adalah pekan ketiga atau pekan terakhir kami melakukan matrikulasi. Dan itu berarti kurang lebih tinggal 11 bulan lagi kami untuk wisuda :D
Nah pada matrikulasi kali ini pada sesi pertama diisi oleh Pak Ary gunawan ciamik, beliau adalah seorang pengusaha dibidang kuliner. Beliau dulunya adalah seorang karyawan yang kemudian beliau memberanikan diri untuk resign dan menjadi pengusaha dibidang kuliner.


Materi yang disampaikan beliau tentang DNA ( Dream and Action ). Yaitu mahasiswa disuruh menuangkan mimpinya dalam sebuah bagan, namun sebelum membuatnya kami mahasiswa diberikan pertayaan dalam beberapa lembar kertas, dan pertanyaan tersebut mengarah tentang impian apa saja yang mau dicapai.

Terus beliau membarikan pertanyaan, apa alasannya mau menjadi seorang pengusha ? dan jawaban dari saya pribadi adalah agar bisa mengikuti jejak Rasulallah SAW dan yang kedua agar bisa menjadi orang yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.
Bagi orang muslim salah satu visi menjadi seorang pengusaha yaitu bisnisnya bisa diwariskan, karena dengan begitu usaha yang kita bangun ini masih bisa dinikmati terus menerus.

Menjadi seorang pengusaha juga harus jeli dalam melihat peluang, misalkan sekarang musim hujan, maka kita harus jeli bahwa ketika hujan orang butuh payung atau sebgainya, maka itulah peluang kita untuk menjadi penjual payung. Selain itu kita harus tantang diri kita dengan target, misal bulan depan saya harus bisa meraih omset 100 juta, nah ketika kita sudah mempunyai target maka otak kita akan berfikir bagaimana caranya agar bisa mencapai target tersebut.
Ketika kita mempunyai sebah impian, maka kejarlah terus imian tersebut sampai meraihnya. Jangan berhenti ditengah jalan, karena kalau berhenti maka impian tersebut tidak akan bisa diraih.

Karena beliau usahanya dalam bidang kuliner, maka beliau memberikan tips untuk berbisnis kuliner, yang beliau rangkum menjadi 5N, diantaranya :
1. Noto ati : Menata hati
    Maksudnya kita harus bisa menata hati, karena yang namanya usaha pasti ada suka maupun duka, disinilah peran hati kita agar tetap tegar
2. Noto roso : Menata rasa
    Usaha kuliner sangat erat kaitannya dengan rasa, karean maju mundurnya usaha dalam bidang kuliner sangat dipengaruhi oleh rasa. Makanya rasa sangat penting dalam kuliner
3. Noto rupo : Menata Tampilan
    Tampilan juga sama seperti rasa, ini sangat berperan penting dalam bidang usaha kuliner. Rasa enak tapi tampilannya kurang menarik, maka itu juga akan mempengaruhi terhadap penjulan
4. Noto rego : Menata harga
    Dalam usaha kuliner kita juga harus menyesuaikan terhadap harga, karena ketika harga terlalu tinggi maka itu juga akan mempengaruhi terhadap penjualan
5. Noto koyo : Menata kekayaan
    Maksudnya kekayaan disini pemasukan, kita harus bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran.

Nah itu kurang lebih yang disampaikan oleh pak Ary ciamik disesi pertama, kemudian setelah ditutup oleh pak Ary kami langsung melaksanakan shalat dzuhur berjamaah dimasjid. Setelah shalat dan istirahat kamipun kembali melakukan matrikulasi pada pukul 13:00 atau pukul 1 siang.
Disesi kedua ini kami dibimbing oleh fasilitator masing-masing untuk mengisi form DNA yang sudah disediakan dari pihak kampus. DNA tersebut isinya tentang bisnis apa yang akan kita jalani, seperti apa kita ini, apa kelemahan yang dimiliki, dll.


Tujuan dari DNA ini agar mahasiswa mampu menuangkan apa yang ingin mereka capai, karena dengan adanya DNA ini mahasiswa jadi lebih termotivasi lagi.
Disesi kedua ini hampir tidak ada materi, karena semua mahasiswa disuruh mengisi DNA yang didampingi oleh para fasilitator.
Mungkin ini saja yang bisa saya samapikan pada review kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya, aamiin

Salam Sukses :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar