Sabtu, 23 September 2017

Matrikulasi Hari Ketiga di Pekan Ketiga Kampus Bisnis Umar Usman #5

Setelah kemarin diisi oleh mas Ippho santosa, pada matrikulasi hari ini diisi oleh Ustadz Nasrullah. Beliau adalah Seorang pengusaha dibidang developer, penulis, pembicara dan juga ustadz, wow.
Saya sendiri sebenarnya sudah kenal beliau, namun untuk bertemu secara langsung belum, hee. Dan alhamdulillah dikampus bisnis umar usman saya dipertemukan dengan beliau. Pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan materi tentang Magnet Rezeki. 


Beliau mengatakan bahwa harusnya rezeki yang mendatangi kita, bukan kita yang mendatangi rezeki. Selain itu beliau membagi rezeki menjadi dua :
1. Rezeki / kekayaan terbatas
    Misal gaji kita 50 juta perbulan, namun disisi lain kita harus cuci darah dan menghabiskan 49 juta perbulan.
2. Rezeki / kekayaan tak terbatas
    Misal gaji kita 50 juta, tapi itu bisa kita nikmati semuanya

Beliau menjelaskan bahwa magnet rezeki semuanya kurang lebih ada 40 jurus, namun karena waktunya yang erbatas, beliau hanya menjelaskan 2 jurus saja, diantaranya :
1. Perisai rezeki
   " Setiap orang mendapatkan rezeki berlimpah, hanya saja ada orang yang gamau hidup dengan rezeki ". Perisai disini maksudnya "dosa", pada dasarnya semua orang mendapatkan rezeki yang sangat berlimpah dari Allah SWT, hanya saja kita sebagi manusia melindungi kita dari rezeki tersebut dengan perisai, dan perisai itu adalah dosa.
Rezeki sama dosa seperti air dengan minyak, sangat erat kaitannya. Kalau tidak ada dosa maka rezeki akan mengalir, begitu juga sebaliknya.
* tidak ada dosa disini maksudnya kita berusaha untuk bertaubat dan berusaha agar tidak berbuat dosa lagi.

2. Law of projection
    " Apa yang ada diotak kita, itu akan ada dikehidupan kita ". Bukan berarti apa yang kita pikirkan semuanya akan erjadi. Kebanyakan orang orang ketika mendapatkan masalah mereka akan langsung negatif thingking atau berfikiran yang kurang baik. Padahal harusnya kita bersyukur dan selalu berfikir positif, dan nantinya maka sesuatu yang positif akan datang kepada kita.

Misal begini, anda punya hutang 200 juta kepada bank atau orang lain. Terus ada debkolektor datang untuk menagih hutang tersebut, kebanyakan orang akan takut dan prustasi. Yang mungkin tadinya punya alasan jadi ngeblank semua. Padahal kalau kita menerapkan ilmu law of projection ini akan beda ceritanya. Kalau dipikiran kita hutang dan hutang, maka yang terjadi ya akan susah kita dalam membayar utang tersebut, tapi cobalah kita berfikir bahwa utang ini adalah amanah. Kenapa saya bilang amanah ? karena hanya kepada orang-orang tertentu saja seseorang memberikan pinjaman samapai 200 juata, nah kalau begitu kita salah satu orang yang dapat dipercaya, kepercayaan itu berarti amanah. Nah kalau kita sudah berfikir seperti itu maka akan banyak amanah yang datang kepada kita, bukan hutang lagi. Kurang lebih konsepnya seperti itu. 

Jadi apapaun yang terjadi tetaplah berfikir positif, memang susah, tapi dengan seringnya kita berfikir positif maka akan mudah untuk kita terapkan, dan tentunya sesuatu yang positif akan selalu datang kepada kita.
Tak terasa waktu sudah menunjukan waktu dzuhur, kamipun segera melaksanakn shalat berjamaah dimasjid. Dan tibalah saatnya sesi kedua, disesi kedua ini diisi oleh miss kiky, beliau menjelaskan tentang financial.


Kebanyakan pengusaha jarang yang memahami ilmu financial ini, padahal ini juga sangat penting dalam maju mundurnya sebuah perusahaan. Banyak pengusaha yang mencampurkan antara uang pribadi dan uang bisnisnya, nah kalau seperti itu, maka itu awal dari kehancuran usahanya.
Terus apa yan harus dikaukan seorang pengusaha? caranyanya dengan membuat nomor rekening yang berbeda, anatara rekening buat pribadi dan rekening buat bisnis, selain itu juga catat pemasukan dan pengeluaran, sekecil apapun itu.
* Periksa keuangan anda - arus kas bulanan
Pemasukan atau < atau = Pengeluaran 
Beliau juga menyampaikan usaha itu bukan hanya modal, tapi tentang mental. Buktinya banyak orang yang mau jadi seorang pengusaha, mereka punya modal tapi mereka tidak berani untuk memulainya, alasannya takut gagal, maka disinilah kita harus punya mental yang kuat. 
Terus ketika ada pemasukan atau ketika kita punya uang, maka segera tentukan buat apa uang tersebut, karena kebanyakan kasus kalau kita tidak menentukan tujuan uang tersebut tidak terasa uang tersebut akan habis.
Kemudian sekecil apaun uang bisnis kita harus kita hitung, tapi sebesar apapun sedekah kita tidak usah kta hitung, namun kebanyakan orang uang bisnis mereka tidak hitung, tapi ketika bersedekah mereka hitung-hitungan, semoga kita tidak seperti ini.

Miss kiky juga menyarankan agar semua mahasiswa mulai dari sekarang gemar membaca, minimal 15 meit perharinya, karena kebanyakan orang sukses mereka menggemari membaca. Karean dengan membaca sesuatu yang sebelumnya kita tidak tahu akan tahu. BAhkan ada pepatah yang menyebutkan bahwa buku itu jendela dunia. 
Jangan pernah puas dengan bisnis, karena kalau kita mudah puas dengan bisnis yang sedang kita jalani sekarang maka secara tidak sadar itu akan membuat bisnsi kita hancur, karena diluar sana kompetitor sedang mengintai kita. Puas boleh asal tetap berusaha memperbaiki, dan selalu up to date.

Mungkin itu yang bisa saya share dalam blog saya kali ini, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman, semoga kedepannya saya bisa memberikan tulisan yang lebih memotivasi lagi. Aamiin.

Salam Sukses :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar