Jumat, 15 September 2017

Matrikulasi Hari Ketiga di Pekan Kedua Kampus Bisnis Umar Usman #5

Assalamualaikum wr.wb

Pada kesempatan kali ini saya akan mereview matrikulasi dikampus bisnis umar usman pada hari ketiga dipekan kedua. Seperti biasa sebelum matrikulasi dimulai semua mahasiswa dan fasilitator melakukan berifing morning dan membaca surat arrahma terlebih dahulu.
Dan pada hari ketiga ini disesi pertama matrikulasi pihak kampus bisnis umar usman mendatangkan alumni dari batch 1 sampai batch 4, dari mulai yang usahanya fashion sampai yang usahanya jualan kacang mede, wow keren.
Oke kita langsung saja review materi yang disampaikan oleh para alumni dari mulai batch 1 sampai batch 4.

1. Boss aw ( lupa nama aslinya :D )
    Boss aw ini usaha dibidang fashion, beliau menceritakan lika-liku dalam menjalankan usahanya, oh iya boss aw ini alumni dari batch 1. Banyak cerita yang membuat kami para calon pengusaha menjadi lebih semangat lagi untuk menjadi pengusaha yang tangguh. Namun ada beberapa yang menurut saya pribada sangat penting dan bisa dicoba untuk diterapkan, diantaranya :
- Kurangi tidur
  Maksud disini bukan berarti kita tidak boleh tidur terlalu lama, hanya saja lebih baik waktunya kita perbanyak untuk belajar dan ibadah, apalagi dalam merintis sebuah usaha tidak bisa kita santai-santai dan dihabiskan waktu kita untuk tidur.
- Belajar terus peraktekkan
  Kebanyakan kita ketika kita sudah belajar dan mendapatkan ilmu, jarang sekali yang langsung memperaktikannya, termasuk saya pribadi :D padahal yang seharusnya ketika kita sudah tau ilmunya maka langsung kita peraktikkan atau langsung action
- Ikuti pola dan prosesnya
  Pada dasarnya semua tidak ada yang instan, namun kebanyakan orang maunya sukses dengan instan. Cobalah kita ikuti prosesnya, kita nikmati prosesnya dan insya Allah ketika teman-teman mengikuti prosesnya sampai selesai, maka teman-teman akan mencapai kesuksesan.
- Jujur pada diri sendiri dan apa adanya
  Ini sangat penting bagi seorang pengusaha, terkadang kita tidak jujur terhadap diri sendiri, cobalah untuk jujur kepada diri sendiri dan apa adanya.

2. Boss Ayu
    Boss Ayu juga adalah seorang pengusaha, banyak perjalanan yang beliau alami sehingga bisa sampai sekarang ini, beliau juga menjelaskan bagaimana caranya bertemu dengan orang yang sukses, diantaranya :
- Cari tahu orang sukses ada dimana
  Kebanyakan kita tidak mau mencari orang sukses, malah orang sukseslah yang mencari kita untuk dijadikan karyawannya :D
- Gimana caranya agar mau berteman
  Bagaimana agar orang sukses tersebut mau berteman dengan kita, salah satunya dengan membantu kepentingannya terlebih dahulu, baru memikirkan kepentingan kita
- Gimana caranya agar mau ngajarin kita
  Setelah kita berteman, bagaiman caranya agar beliau mau mengajari kita
- Gimana caranya agar mau bekerjasama
  Setelah mau mengajar kita, kemudain bagaimana caranya agar mau bekerjasama dengan kita
- Gimana caranya agar mau kerja dengan kita
  Kerjasama dengan kerja dengan kita itu beda ya maknanya, kalau kerjasama artinya kita ssama-sama kerja, tapi kalau kerja dengan kita, kita ini sebagai bos nya
Intinya adalah bagaimana caranya orang sukses bisa kerja dengan kita, bukan kita yang kerja untuk dia.

3. Boss Ari
   Ada satu hal yang menarik dari boss Ari ini, ternyata usahanya dibidang otomotif, ya dia adalah pengusaha dibidang jasa servis motor ( bengkel ). Padahal kebanyakan yang punya usaha ini adalah laki-laki, tapi boss Ari membuktikan bahwa perempuan pun bisa melakukannya. Dan hebatnya lagi boss Ari sendiri juga bisa memperbaiki motor yang di servis kebengkelnya  juga lho, wow keren dah pokoknya.
Boss Ari tidak terlalu banyak menjelaskan, beliau hanya berpesaan dua hal,
- Berbakti kepada orang tua
  Kalau kita berbakti kepada orang tua, maka urusan kita semua insya Allah akan diermudah oleh Allah SWT, berbakti mengundang rezeki durhaka mengundang petaka
- Harus memahami apa usaha kita
  Ya ini sangat penting, jangan sampai usaha kita dibidang fashion, tapi kita tidak tau apa yang harus kita lakukan
Dan beliau juga berpesan kepada kami bahwa pelajarilah pelajaran sebelum pelajaran dimulai, maksudnya ketika besok ada pelajaean A maka sebisa mungkin malmanya kita sudah belajar A, agar ketika guru atau dosen menjelaskan tentang A kita tingal melanjutkan atau memahami lagi tentang A.

4. Boss Indra gunawan
    Wow, mungkin itulah kata yang pas buat boss yang satu ini, salah satu usahanya dibidang jaket kulit. Ketika masuk kampus bisnis umar usman boss Indra ini sudah sarjana denga predikat cumlaude, dan ketika kuliah dikampus uamr usman beliau juga sedang menyenyelesaikan S2 nya dan ternyata beliau lulus dengan predikat cumlaude juga, wow.
Beliau juga memberikan pemahaman yang sangat luar biasa kepada kami mahasiswa baru di kampus bisnis uamr usman, bahwa ketika kita mau berbisnis carilah atau galilah potensi yang ada disuatu daerah yang kira-kira sudah ada pasarnya namun  belum bisa memasarkan secara baik, nah tugas kita lah sebagai anak muda yang memasarkannya.
Kemudian selain kita memasarkan secara offline, kita juga memasrkan secara online. Karena disadari atau tidak berjualan melalui onlie lebih cepat dibandingkan dengan offline ( tidak semua produk ). Intinya kita datangi daerah-daerah yang memang mereka mempunyai potensi yang sangat luar biasa namun lemah dipemasarannya.
Kemudian boss Indra juga menjelaskan cara belajar yang efektif, yaitu dengan cara mengajarkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya :
- Kepepet agar bisa
  Karena kita mengajari sesorang, maka mau tidak mau kita juga harus bisa apa yang kita jarkan
- Dipaksa agar bisa atau menguasai dan paham
- Dipaksa agar bisa menyampaikan
  Ini sudah pasti, karena ketika kita mengajar maka harus bisa menyampaikan :D
- Berpotensi menjadi amal jariah
  Nah ini yang palin wow, karena ketika kita mengajarkan seseorang, dan apa yang diajarkan kita bisa bermanfaat maka insya Allah itu akan menjadi amla jariah kita, aamiin

Intinya ketika kita mau berbisnis dan bingung mau dari mana mulainya, maka cara yang bagus sekaligus agar bisa memberdayakan masyarakat yaitu dengan cara mendatangi suatu daerah dan kita kembangkan potensi yang ada didaerah tersebut.

5. Boss Evie
    Boss Evie ini luar biasa sekali menurut saya, dengan bahasa gaul yang dibawakannya saat sharing kepad kami dan itu membuat ruangan menjadi heboh :D. Namun apa yang disampaikan bisa diterima dengan baik dengan kami. Boss Evie ini usahanya dalam bidang EO, dan bekerjasama dengan dua sahabatnya yaitu boss Andi dan boss Ami, dan sama-sama batch 4. Beliau bercerita sebenarnya beliau juga pernah punya usah yang serupa namun bedanya kalau yang sekaraag itu islami kalau yang dulu ngga. Boss Evie juga memberikan pesan kepada kami, diantaranya :
- Harus saling kerjasama
  Sesuatu yang dikerjakan bersama akan terasa lebih ringan dan lebih mudah dibandingkan dengan kerja sendiri, namun kita juga harus hati-hati, karena kalau kita tidak satu visi atau tujuan maka bisa jadi ditengah jalan akan bubar
- Berteman sebanyak-banyaknya
  Ketika kita mempunyai banyak teman, bisnis yang kita jalani juga akan lebih muah dikenal orang, denan cara teman kita mengenalknanya lagi kepada temannya :D
- Jangan pernah ngambil sisi negatif
  Ini sederhana namun banyak orang yang ga bisa melakukannya, maksudnya ketika ada seseorang yang mungkin dari pandangan kita orang tersebut tidak mampu atua kita langsung melihat dari sisi negatifnya saja, padahal orang tersebut punya kelebihan ata kemampuan yang suatu saat akan kita butuhkan.
- Harus tetap semangat
  Ini juga sangat penting, karena kalau kita semangat menegerjakan apapaun akan lebih terasa mudah
Intinya silaturahmi, kerjasama dan persahabatan sangat berperan penting dalam sebuah bisnis.

6. Boss Salman / UGM ( Ustadz Google Maps )
    Luar biasa, mungkin itu kata yang cocok buat boss Salman ini, dari pertama masuk saja beliau ini sudah membuat para mahsiswa tertawa terbahak-bahak. Ya sulit dipungkiri selain beliau seorang pengusaha tapi beliau juga punya bakat untuk menjadi komika atua stand up comedy.
Beliau menceritakan perjalana bisnis beliau, dari jaman belia kuliah di kampus bisnis umar usman sampai bisa seperti sekarang ini. Bahkan beliau pernah menjual minuman mineral dengan harga Rp. 50.000 kalau ga salah ya :D dengan sebelumnya sudah dibacain doa, meskipun katanya cuma surat alfatihah :D
Boss Salman ini juga sudah bebrapa kali melakukan usaha, namun banyak yang gagal atau bangkrut. Beliau pernah menjual mainan anak, vitamin otak, dan lain sebagainya. Dan sekarang beliai ini menjadi pengusaha kacang mede.
Beliau juga menjelaskan bahwa kalau kita mau jualan atau mau jadi pebisnis maka usahakan harus juga menjual secara online, karena kalau kita online itu bisa mengurangi pengeluaran kita dalam promosi, dan lain sebagainya, selain itu online juga kerja sekali closingnya berkali-kali :)
Lakukan sesusatu diatas rata-rata, maksudnya apa yang kita lakukan kalau bisa diatas rata-rata atau kalau misal kita biasanya kerja sehari 8 jam, maka kalau kita kerja harus diatas 8 jam. Itu bisa mempercepat dalam mencapai kesuksesan, karena proses tidak akan menghianati hasil.


Itulah sharing dari alumni kampus bisnis umar usman dari mulai batch 1 sampai batch 4. Dan setelah sesi pertama ini seperti biasa semua mahasiswa melaksanakan shalat berjamaah di Masjid. Setelah shalat kami kembali lagi kedalam Aula kampus bisnis umar usman untuk melaksanakan matrikulasi di sesi kedua, disesi kedua ini diisi oleh mr ziyad atau biasa dipanggil mr wanz.
Mr wanz ini tidak terlalu panjang bercerita, beliau hanya memberikan tugas kepada kami yaitu disuruh bikin blog dan juga youtube, dan ini menjadi salah satu tugas syarat kelulusan juga.


Beliau juga akan memberikan reward berupa tools bagi yang berhasil blognya muncul diposisi pertama, dan kalau kita beli tools tersebut bisa sampai 600.000, wow. Doakan ya teman-teman semoga saya menjadi salah satu yang mendapatkannya :)

Setelah mr Wanz selesai memeberikan tugas, selanjutnya diisi oleh pak Arif Abdullah,SE,MM. Beliau menjelaskan tentang entrepreneurship.

Pak Arif menjelaskan bahwa setiap ada masalah pasti ada peluang, maksudnya ketika ada suatu masalah, maka harus ada solusi, nah solusi ini adalah sebagai peluang kita untuk bisa memecahkan masalah tersebut. Beliau juga mengatakan sesuatu yang besar berasal dari yang kecil, ini menunjukan bahwa kalau kita mau menjadi seorang pengusaha yang besar maka mulailah dari yang kecil dulu, intinya seperti itu.
Oh iya pak Arif ini ngomong apa adanya, dan memaksa kita agar terus berfikir.
Kemudain beliau menjelaskan 7 karakter dan perilaku sang entrepreneur, diantaranya:
1. Mengejar peluang dan memecahkan masalah dengan keterbatasan yang dimiliki (apapun kondisinya)
   Apapun kondisi kita, percayalah bahwa setiap masalah tidak akan melebihi dari kemampuan kita, kalau Allah memberikan masalah kepada kita , maka Allah percaya bahwa kita bisa menyelesaikannya.
2. Ide, bertindak / memulai dan menuntaskannya
   Kalau kita punya ide, maka segeralah untuk mengeksekusi ide tersebut tau segera mulai, jangan sampai cuma ide doang, dan harus sampai selesai, jangan sampai baru setengah jalan sudah berhenti.
3. Maslah = peluang
    Setiap ada masalah pasti disitu ada peluang
4. Tahu mana persepsi mana esensi
    Persepsi sama esensi itu beda ya, kalau persepsi itu belum tentu benar adanya
5. Umur, kecerdasan, jabatan tertinggi, bukan penentu keberhasilan
    Banyak orang yang cerdas dan pendidikannya tinggi, tapi tidak berhasil. Namun banyak juga orang yang pendidikannya rendah bisa berhasil. Tapi banyak juga yang cerdas dan pendidikannya tinggi berhasil. Sekali lagi tergantung manusianya itu, siapa saja yang bersungguh-sungguh tanpa pantang menyerah maka dia akan berhasil.
6. Fokus pada penuntasan masalah, bukan teori atau penyebab
    Terkadang banyak orang ketika mempunyai masalah hanya fokus kepada maslahnya, padahal harusnya fokus bagaimana caranya agar msalah itu cepat selesai.
7. Flexibel, open minded & adaptive
    Adaptive senidir itu artinya ondisi yang dibutuhkan pada saat itu

Oh iya pas sesi pak Arif ini ada hal yang menarik dan lucu, yaitu ketika pak Arif memberikan pertanyaan siapa disni yang masih belum percaya diri bicara didepan? lalu ada salah satu bos yang mengangkat tangannya, kemudian disuruh maju kedepan.

Kemudian disuruh merayu cewe, dan cewenya ini diganti dengan bndera :D
Semua mahasiswa yang ada diruangan itu semuanya tertawa saking lucunya, kemudian setelah dirayu suruh diajak ke biosko untuk nonton film :D
Intinya pak Arif ingin menunjukan bahwasannya semua orang pasti bisa berbicara didepan umum, hanya saja kita tidak terbiasa melakukannya.
dan ini yang terjadikepada kita, karena kita tidak terbiasa berbicara didepan umum, maka ketika kita disuruh berbicara kita mengatakan tidak bisa dan gugup. Cobalah dari sekarang untuk membiasakan diri kita berbicara didepan umum, apalagi bagi seorang laki-laki yang  akan memimpin sebah ruamah tangga atau bahkan memimpin sebuah negara.

Mungkin itu dulu yang bisa saya review dari matrikulsi dihari ketiga pekan kedua ini, semoga bisa bermanfaat. Aamiin.

Salam Sukses :)

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar