Sabtu, 30 September 2017

Campreneur Kampus Bisnis Umar Usman

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah akhirnya saya kembali menulis diblog ini, setelah beberapa hari tidak menulis, hee.
Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang kegiatan selama 3 hari yang dilakukan kampus bisnis umar usman di daerah cipanas puncak bogor.
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin sampai dengan rabu, atau pada tanggal 25 - 27 september 2017. Acara ini sekaligus penutupan matrikulasi dikampus bisnis umar usman. Para mahasiswa harus membawa beberapa peralatan, diantaranya kaos yang diberikan kampus, peralatan shalat, alquran, dll. Dan kalau tidak membawa maka akan dikenakan sanksi atau hukuman.
Pemberangkatan dimulai tepat pada pukul 06:00 dengan menggunakan kendaraan tronton dari TNI AL, namun sebelmnya kami melakukan registrasi dulu ( absen ). Mahasiswa yang terlambat langsung ditinggal, tanpa ada keringanan, semata-mata agar para mahasiswanya disiplin dan menghargai waktu.

Hari ke 1

Perjalanan yang diprediksikan sekitar 4 jam, ternyata hanya 2-3 jam saja, alhamdulillah. Selama perjalanan kami disuguhkan pemandangan puncak yang luar biasa, yang masih asri dengan perkebunan tehnya. Namun kendaraan dari TNI ini tidak bisa sampai lokasi, dikarenakan jalannya yang tidak terlalu lebar, dan untuk sampai ketempat tujuan kami pindah kendaraan dengan menggunakan angkot setempat.

Setibanya dilokasi yaitu di villa permata cipanas, kami dikumpulkan sebentar dengan para fasilitator untuk mengamankan barang bawaan seperti hp, dompet, jam dan perhiasan lainnya. Jadi selama tiga hari kedepan kami tidak diperbolehkan menggunakan hp dll.
Setelah itu kami langsung ke villa masing-masing yang sudah dibagi oleh pihak kampus, kemudian istirahat sebentar sebelum acara pembukaan dimulai.

Setelah shalat dzuhur akhirnya campreneur kampus bisnis umar usman dibuka, kemudian ada dari pihak TNI juga yang memberikan sambutan kepada kami.
Acara campreneur ini benar-benar mengajarkan kami kedisiplinan, kerja sama dan saling menghargai satu sama lain, bahkan makanpun kami benar-benar harus disiplin seperti TNI. Misalnya kami makan hanya diberi waktu sekitar 5 menit saja, tanpa diperbolehkan minum terlebih dahulu. Bahkan dilain waktu makan yang lain maknny benar-benar diatur mulai dari suruh makan lauknya saja, kemudian sayurya dan yang terakhir baru nasinya, mantap. 

Acara campreneur ini juga diisi oleh orang-orang hebat, misalnya pak Muhammad zen, mr go dan miss ly, mr joss, pak Wendi abdillah dan ustadz Syahidin.  Yang mengisi pertama yaitu Pak Muhammad zen, beliau juga sering diundang distasiun tv. Beliau disini menjelaskan tentang "Muamalah bisnis online". Karena sekarang ini banyak orang yang berbisnis online, namun mereka masih bingung apakah boleh apa tidak meurut pandangan agama.

Beliau menjelaskan apa saja yang boleh dilakukan dan apa saja yang tidak boleh, misalnya seperti menimbun barang dengan sengaja dan akan dijual ketika barang tersebut langka, itu tidak boleh. Sebenarnya banyak yang beliau jelaskan, namun sayang pada waktu itu tidak membawa buku :D, namun intinya hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam jual beli secara online. Kalau mau lebih jelasnya silakan teman-teman buka youtube dan cari Muhammad zen.

Sore hari sebelum magrib acara diisi oleh mr go yaitu tentang make over. Make over ini sengaja dilakukan agar kita bisa merubah penampilan, apalagi seorang pengusaha harus tampil rapi, meskipun dengan pakaian yang sederhana.  Mr go ini selektif  banget, dari mulai rambut sampai dengan ikat pinggang beliau komentari. Beliau juga memberikan penjelasan tentang sabuk yang standar, karena faktanya keamrin masih banyak banget mahasiswa yang menggunakan sabuk dibawah standar.
Selain sabuk, mr go juga menjelaskan potongan rambut yang pas dengan bentuk kepala kita. Selain itu beliau juga menyuruh mahasiswanya untuk investasi di pakain yang harus dipunya oleh laki-laki, misalnya jas, batik, kemeja, celana, dll. Pokoknya keren banget dah ilmunya.

Setelah sesi mr go, malam harinya diisi oleh mr joss, itu lho seprang penulis buku best seller pengusaha tangguh dan juga wakil rektor kampus bisnis umar usman. Beliau memberikan suntikan semangat lagi kepada kami mahasiswa kampus bisnis uamr usman, Beliau menjelaskan tentang pentingnya sebuah target dalam kehidupan, karena kalau kita sudah memasang target dalam hidup ini, maka tidak ada alasan lagi untuk bermalas-malasan.
Belia juga menyuruh kami untuk saling menanyakan apa tujuan kami kuliah dikampus bisnis umar usman secara berpasang-pasangan, dan tak terasa air mata ini keluar :)
Tidak banyak yang beliau jelaskan, beliau hanya menekankan bahwa setiap orang harus punya target, karena dengan targetlah kita akan lebih semangat lagi.
Setelah itu kami langsung istirahat karena jam 4 kami harus bangun untuk melaksanakan shalat tahajud yang kemudian disusul dengan shalat subuh berjamaah.

Hari ke 2

Pagi harinya setelah senam dan sarapan kami langusng persiapan buat outbond, dan rintangan yang diberikan saat outbond semuanya melatih kerjasama team, mulai dari memasukan batang kayu ke botol dengan cara mata ditutup, berjalan menggunakan bambu, ngambil air dengan kepala, masuk jaring lanba-laba, dll. Pokoknya melatih kekompakan dan kerjasama team.
Setelah outbond semua peserta dikumpulkan disawah yang kering, dan ternyata kami diberi lilin dan bagaimana caranya agar ilin tersebut tidak padam oleh serangan air yang dilempari para fasilitator, dan akhirnya kami berhasil memutuskan tali yang sudah disediakan oleh fasilitator, dan ternyata setelah tali tersebut putus terdapat tulisan " Congratulations" yang artinya kami sudah sah bergabung sebagai keluarga besar kampus bsnsi umar usman.

Setelah outbond ada materi yang luar biasa yaitu dari pak Wendi Abdillah, beliau seorang pakar hypno selling, beliau mengajarkan bagaimana caranya jualan seperti tidak jualan. Selain itu beliau juga menjelaskan caranya pacng leading, agar orang yang berinteraksi dengan kita mau mengikuti alur pembicaraan kita. Pokoknya ilmunya sangat luar biasa.

Setelah sesi pak wendi, malam harinya dilanjut dengan simulasi bisnis, disini mahasiswa dijelaskan apa itu bisnis dengan langsung praktek ( simulasi ). Simulasi ini sangat lengkap mulai dari usaha apa yang akan diambil, kemudian ada bank, asuransi, peluang bisnis, customer. 
Dalam permainan ini sebenarnya semuanya bisa untung dan pasti akan medapatkan peluang, hanya saja banyak diantara kami yang terjebak dan menyimpan uang, padahal uang seharusnya diputar kembali. Dan akhirnya pada simulasi tersebut tiba-tiba ada gempa, dan menyebabkan uang cash yang ada ditangan dan juga peluang habis semuanya. Dan hanya beberapa kelompok saja yang masih bertahan, itupun karena ada tabungan dan asurans. Dari simulasi ini bisa diambil pelajaran bahwa kalau kita punya uang sebaiknya kita putarkan kembali atau kita tabungkan, dan hanya menyisakan sedikit saja buat kebutuhan sehari-hari.
Oh iya, sesi ini dibagi menjadi dua kelompok, yang satu simulasi dan yang satunya lagi nonton film motivasi, kemudian bergantian setelah selesai.

Hari ke 3
Hari ke 3 atau hari terakhir ini sangat seru, yaitu mahasiswanya melakukan business challange. Kegiatan in dilakukan perkelompok, dan mereka disuruh bagaimana caranya agar mendapatkan uang tanpa dibekali apapun, entah itu dompet, tanda pengenal maupun yang lainnya.
Dari sekitar jam 9 sampe jam 12, karena shalat dzuhur semua mahasiswa harus sudah kembali lagi ke villa. Alhamdulillah tim kami dari umar 32 berhasil mendapatkan profit sebanyak 215.000 :)

Dan acara terakhir ditutup dengan penampilan dari batch 5, ada bebrapa mahasiswa dari batch 5 yang mewakili untuk menampilkan yang mereka bisa, misalnya ada pertunjukan sulap, drama, puisi sampai pertunjukan beat box, pokoknya keren-keren banget.
Sebelum acara ditutup, semua mahasiswa mengisi surat komitmen, bahwa kami mahasiswa kampus bisnis umar usman, siap dengan segala peraturan kampus bisnis umar usman.
Setelah itu sekitar pukul 20:00 kami meninggalkan villa permata untuk kembali kejakarta dengan menggunakn mobil tronton TNI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar