Sabtu, 23 September 2017

Matrikulasi Hari Kedua di Pekan Ketiga Kampus Bisnis Umar Usman #5

Matrikulasi pada hari ini melanjutkan matrikulasi hari kemarin tentang DNA ( Dream and Action ), namun bedanya kalau kemarin kami disuruh mengisi form yang sudah disediakan oleh pihak kampus, hari ini mahasiswa disuruh membuat dream mereka dalam bentuk gambar atau tulisan secara nyata dikertas carton.
Waktu yang dibutuhkan hanya sebentar, kurang lebih hanya 30 menit. Namun begitu semua mahasiswa antusias dalam membuatnya, termasuk saya pribadi.

Ada yang bercita-cita membangun usaha kuliner, fashion, dll. Ada juga yang mau pergi umroh bersama keluarganya bahkan jalan-jalan keliling dunia. Semua semangat karena mereka yakin impian tersebut bakalan terwujud dalam waktu dekat.
Setelah 30 menit selesai semua mahsiswa kembali ke aula kampus untuk mereview bersama pak Ary. Dan ternyata dari setiap kelompok hanya satu perwakilan saja yang mereview. Impiannya macam-macam dan keren-keren, mereka yang mereview sangat antusias dalam menyampaikan impian yang akan mereka wujudkan. 


Dari sini saya pribadi sadar bahwa impian jangan hanya kita simpan atau kita ingat dalam otak, karena lama kelamaan akan lupa. Makanya dari itu ketika kita punya impian segeralah tiangkan dalam tulisan atau sebuah dream book, dan lebih baik lagi tuliskan secara detail. Misal bulan apa kita akan mewujudkannya, tanggal berapapa bahakan samapi jam berapa, itu akan membuat kita termotivasi untuk mewujudkannya.

Dalam sesi pertama ini tidak banyak materi yang disampaikan oleh pak Ary, karena waktunya dihabiskan untuk membuat dream book dan mereviewnya, namun begitu banyak pelajaran yang bisa diambil, salah satunya tadi, ketika kita punya impian maka tuangkanlh dalam bentuk visualisasi, dan tentukan kapan impian itu akan terwujud.
Tidak terasa waktu disesi pertama sudah selesai, dan kemudian pak Ary mengakhiri sesi pertama ini. Setelah itu kami langsung shalat berjamaah dimasjid.

Disesi kedua ini diisi oleh mas Ippho santosa, kedatangannya selalu ditunggu-tunggu oleh semua mahasiswa. Karena ilmu yang diberikan biasanya daging semua. Dan menurut para fasilitator batch 5 ini enak bangett, karena biasanya mas Ippho jarang bisa mengisi dua kali dalam satu bulan, ini hanya dalam 3 minggu mas Ippho bisa meluangkan waktunya untuk memberikan ilmunya.
Ketika mas Ippho masuk kedalam ruangan, ada sesuatu yang menurut saya keren banget, yaitu dari segi pakaiannya, ya pakaiannya eye catching banget, dengan menggunakan kemeja kuning dan dibalut dengan jas hitam dan dipadukan dengan celana jeans dan sepatu berwarna kuning. Pokoknya keren banget.



Materi yang beliau sampaikan yaitu Menjual lebih cepat dan lebih banyak, materi yang snagat bagus bagi para pengusaha maupun calon pengusaha. Karena proses menjual itu sesuatu yang sangat penting dalam sebuah usaha atau bisnis, kareana kalau tidak bisa menjual maka akan mati bisnis tersebut.

Belia menyampaikan bahwa dalam jual beli ada adabnya, jadi kita tidak bisa langsung menawarkan, karena biasanya orang ga mau kalau dijualin :D
Kita harus memberikan edukasi dulu, dan semuanya disingkat menjadi PEO
P : Pooling, itu artinya kita harus mengumpulkan dulu orang-orang yang akan menjadi target kita dalam penjualan nantinya
E : Educating, artinya setelah kita mengumpulkan orang-orang yang akan menjadi terget kita, langkah selanjutnya kita memberikan edukasi atau ilmu kepada target kita tersebut
O : Overage, setelah melakukan edukasi barulah kita memberikan penawaran.

Beliau juga benyak memberikan tips-tips, disini saya akan menuliskan bebrapa yang saya tangkap ketika beliau menyampaikan meteri,

Risk Under Control
- Intense endorsing
- Intense mentoring
- High repetition
- High margin => min 40 %
- High quality

* Agar penjualan kita lebih cepat, maka jualah produk kita kepada penjual ( silahkan pikirkan caranya )
* Produk kita harus mudah dikirim ( offline maupun online )
* Carilah ongkir yang minim

Special Reseller
- Account for business
- Business card
- Consulting ( 24 jam )
- Dream & Visualize
- Edification ( manajemen & tim )
- Follow up ( pagi & malam )
- Guarantee ( 21 hari )
- Happy story
- Intimate suprise
- Japanese way ( trims selalu )

Recruting Consumer
- Seminar kesehatan & buka stand
- Ebook kebugaran & kesehatan
- Berbagi tips di WA grup
- Melek SEO ( blogspot & academia )
- Fb marketing & instagram marketing
- Komunitas ( masuk atau buat )

Convincing Consumer
Upgrade drir :
- Belajar ilmu'
- Berbagi ilmu

Pahami penjulan sebagai :
- Transfer keyakinan
- Distribusi manfaat

Cerita tentang :
- Asal-usul produk
- Tokoh & testimoni
- Visual kesehatan

Pribadi :
- Lebih ramah & lebih sabar
- Premiumkan penampilan

Managing first impression ( mengelola kesan pertama )
Leading the conversation ( mengarahkan percakapan )
Pacing, Digging, Leading
- Pacing : Bahasa tubuh, ritme, konten
- Digging : Menggali
- Leading : Menawarkan / menjual

Handling Objection
- Mahal : Prioritas
- Mahal : Mutu, impor, standar
- Naik harga : Law of demand
- Reseller : Ekonomi rakyat
- Belum besar : High growth
- Tidak terkenal : Bukan barang biasa
- Distribusi terbatas : Exclusive product
- Produk indent : High demand

Closing Question
- Saya telepon senin atau selasa ?
- Bayarnya cash atau transfer ?
- Belinya satu atu dua ?
- Sekalian buat anak ?
- Beli minggu ini kan ?

Critical Strategy 
- Trust & Comfort
- Benefit & Urgency
- Pain, Pleasure & Time limited
- Multiply :
  - Jual pada penjual
  - Jaring & saring
  - Komunitas & referensi
  - Beli ulang & beli silang

Itu bebrapa ilmu yang disampaikan oleh mas Ippho santosa, sebenarnya banyak banget yang beliau sampaikan. Kala mau secara full teman-teman bisa mengikuti trainingnya atau juga bisa berganbung bersama kami dikampus bisnis umar usman "Kuliah satu tahun jadi pengusaha".
Mungkin itu saja ang bisa saya sampaikan pada tulisan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

Salam Sukses :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar